Home > Gadget > 3 Masalah yang Sering Muncul di Emulator PPSSPP dan Cara Mudah Mengatasinya

3 Masalah yang Sering Muncul di Emulator PPSSPP dan Cara Mudah Mengatasinya

Masalah yang Sering Muncul di Emulator PPSSPP

Kamu yang biasa memainkan game PSP di android pasti mengenal yang namanya emulator PSP. Ada berbagai emulator PSP yang bisa digunakan. Salah satu emulator yang paling banyak dipakai adalah PPSSPP. Emulator PPSSPP merupakan singkatan dari Portable Playstation Simulator Suitable for Playing Portably. Dari singkatannya, kamu pasti paham bukan.

Walaupun emulator ini dipercaya sebagai yang paling bagus, kamu mungkin akan tetap menemui beberapa masalah dalam pengoperasiannya. Masalah ini bukan berarti mutlak bersumber dari PPSSPP itu sendiri, melainkan dari kesalahan setting, atau kualitas smartphone itu sendiri. Tanpa basa-basi lagi, berikut 3 masalah yang sering muncul di emulator PPSSPP lengkap dengan cara mengatasinya.

  • Aplikasi Keluar dengan Sendirinya (Force Close)

Masalah yang paling banyak ditemui oleh gamer PSP adalah aplikasi yang force close atau keluar dengan sendirinya. Masalah ini pula yang nampaknya paling menjengkelkan dalam bermain game. Cara mengatasinya sebenarnya tidak terlalu susah. Hal pertama yang patut kamu coba adalah meng-uninstall android system webview. Kemudian, kamu juga bisa meng-update aplikasi PPSSPP kamu atau melakukan downgrade aplikasi PPSSPP.

  • Terjadi Black Screen

Masalah selanjutnya yang masih sering terjadi adalah masalah layar hitam alias black screen. Banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah ini terjadi. Cara mengatasinya juga tidak terlalu susah. Anda hanya perlu mengubah beberapa opsi pengaturan seperti mengubah mode rendering menjadi bufferending. Coba juga untuk mematikan audio terlebih dahulu pada saat pertama kali bermain. Terakhir, tutup aplikasi emulator kamu dan buka kembali seperti biasa.

  • Tidak Dapat Menjalankan Aplikasi PPSSPP

Masalah lainnya yang tidak kalah menjengkelkannya adalah aplikasi PPSSPP yang tidak bisa dijalankan. Masalah seperti ini lazim terjadi di emulator PSP pada windows. Hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengecek berapa bit system windows yang dipakai lalu download dan isntal Microsoft visual C++ Redistributable 2013.

Itulah tadi 3 masalah yang sering muncul di emulator PPSSPP yang umum dikeluhkan para gamer PSP dan para pengguna emulator PPSSPP. So, nomor berapa yang kamu alami? Tenang, sudah ada solusinya.