Monday, August 20, 2018
Home > Lifestyle > 4 Pemeriksaan Interior Sebelum Kredit Mobil Bekas

4 Pemeriksaan Interior Sebelum Kredit Mobil Bekas

Pemeriksaan Interior Sebelum Kredit Mobil Bekas

Daya tarik mobil tidak hanya terletak pada bagian body mobil. Anda tentu akan melihat bagian interiornya dan memilih yang paling menarik sesuai selera Anda. Rasanya kredit mobil bekas akan terpuaskan jika seluruh kriteria mobil yang diinginkan dapat terpenuhi. Berikut ini 4 pemeriksaan interior yang perlu dilakukan agar Anda tidak merasa kecewa setelah membeli.

  1. Periksa Bagian Jok Mobil

Kondisi interior yang akan paling terlihat adalah jok sebagai bagian yang dominan. Jenis jok mobil dengan bahan kulit yang perlu Anda perhatikan ada atau tidaknya kondisi retak-retak pada bagian jok. Cara mengetahui jok kulit asli atau imitasi dengan menekan jari pada jok jika terlihat garis-garis kerutan berarti kulit asli.

  1. Periksa Bagian Kursi Mobil

Perhatikan bagian kursi mobil dengan melihat sandaran pada kepala masih berfungsi dengan baik yaitu masih bisa dinaikkan dan diturunkan. Selanjutnya bagian kursi yang perlu diperhatikan yaitu bagian plastik-plastik penutup kursi mobil dan plastik-plastik lainnya. Kondisi tidak baik akan ditunjukkan dengan adanya bagian yang sudah pecah.

Lakukan juga pemeriksaan pada setelan jok kursi dengan melakukan maju mundur pada kursi yang bertujuan untuk mengetahui kursi mengalami kerusakan atau tidak. Periksa juga pada kursi yang dilipat apakah Anda kesulitan untuk melakukannya atau tidak. Jika kesulitan pastikan penyebab dari permasalahan tersebut kepada penjual kredit mobil bekas.

Jika mobil menggunakan bekleding pastikan masih dalam keadaan yang layak jika tidak layak Anda bisa melakukan negosiasi untuk pengurangan harga. Misalnya saja mobil Honda CR-V bekas dengan harga Rp175.000.000,00 dapat menjadi Rp172.000.000,00.

  1. Periksa Pintu dan Kaca Spion Dalam

pintu mobil yang masih bisa tertutup dengan rapat tanpa menutupnya dengan keras dan tidak renggang. Bagian kaca spion dari dalam yang dapat terlihat dengan baik tanpa Anda merasa kesulitan. Sekaligus dengan kondisi ECU pada mobil masih dalam keadaan yang baik tanpa lembap dan bau.

  1. Periksa Sun Visor dan Fitur Mobil

Periksa bagian sun visor pastikan masih dapat dibuka tutup dengan sempurna. Setelah bagian sun visor perhatikan juga kondisi radio tape atau CD/DVD masih memakai original bawaan mobil. Sekaligus dengan memeriksa fungsi kerja sound system pada mobil. Perhatikan juga area sekitar radio tape yaitu bagian dashboard mobil mengingat bagian ini sulit untuk diperbaiki.

Selain sun visor periksa juga console tengah mobil berada dalam keadaan baik.
Periksa kondisi setir yang jika dilapisi kulit masih berada dalam kondisi yang baik. Bagian  plafon juga tidak kotor dan tidak terdapat bekas-bekas tertekan yang menandakan mobil pernah menanggung beban yang berat.

Ketelitian Anda dalam melakukan pemeriksaan mobil akan memberikan peluang untuk dapat melakukan negosiasi. Dari pasaran harga mobil yang biasanya atau bahkan lebih murah lagi dari ini.

shares