Wednesday, October 17, 2018
Home > Traveling > 5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Berlibur di Ambon, Maluku

5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Berlibur di Ambon, Maluku

5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Berlibur di Ambon, Maluku

Kota Ambon yang merupakan ibukota dari Provinsi Maluku memiliki sejarah yang sangat kelam, hampir 20 tahun yang lalu kerusuhan besar yang terjadi di Kota Ambon merobek hati kita dengan kekejian-nya. Namun dengan berangsurnya waktu wajah Kota Ambon kini telah berubah, masyarakat Ambon terus berusaha mengembalikan kepercayaan para wisatawan baik domestik ataupun mancanegara bahwa Kota Ambon telah ramah dan sudah sangat kondusif untuk berwisata. Sangat disayangkan sekali Ambon yang terletak di Kepulauan Maluku ini menyimpan banyak sekali keindahan yang masih belum terlalu ter-expose. Banyak sekali pemandangan alam seperti pantai pasir putihnya, kekayaan budaya, tinggalan sejarah seperti benteng-benteng dari zaman colonial Belanda, serta lezatnya kuliner khas Ambon yang harus anda saksikan dan rasakan ketika berkunjung ke Ambon. Akses untuk mencapai kota Ambon pun sangat banyak ditawarkan, salah satunya dari maskapai penerbangan Batik Air, berbagai pilihan perjalan yang ditawarkan, ada yang dengan sekali transit atau langsung menuju Kota Ambon tergantung pilihan anda. Berikut 5 hal yang harus anda lakukan ketika anda berkunjung ke Ambon :

  1. Piknik di Pantai Natsepa

Salah satu kegiatan favorit akhir pekan yang dilakukan oleh masyarakat Ambon adalah berpiknik bersama keluarga atau sahabat di pantai. Pantai Natsepa adalah pantai pasir putih yang sering menjadi pilihannya, selain keindahan pasir putih dan lautnya yang masih jernih, anda juga dapat menikmati rujak Natsepa yang terkenal dengan kenikmatannya. Rujak Natsepa terkenal hingga ke negeri kincir angin atau Belanda, bahkan Ratu Belanda pun pernah makan rujak ini.

  1. Bermain dan Berenang Di Pantai Liang

Wisata pantai lainnya yang ada di Kota Ambon adalah Pantai Liang. Masih satu garis pantai dengan Natsepa, namun lokasi pantai lebih jauh dari Pantai Natsepa. Eksotis Pantai Liang dengan warna birunya yang menggoda anda untuk menyemplung kedalam laut membuat liburan anda di Ambon semakin berkesan. Pantai Liang pernah dinobatkan oleh UNDP PBB sebagai pantai terindah yang pernah dimiliki Indonesia pada tahun 1990-an. Namun, perlu anda ketahui di Pantai Liang belum banyak memiliki fasilitas penunjang seperti pantai-pantai di Bali dan Lombok. Pantai Liang sangat cocok anda kunjungi pada bulan-bulan September, Oktober, April, Mei. Letak dari pantai ini sekitar 40 km dari pusat kota di Ambon, jika anda ingin naik ojek maka anda harus merogoh kocek hingga Rp 50.000,- ; apabila anda bersama rombongan, anda bisa menyewa angkutan umum dengan kisaran harga sewa Rp 200.000,-. Apakah anda sudah tertarik ke Pantai Liang?

  1. Berkunjung Ke Benteng Amsterdam

Maluku sejak zaman sebelum penjajahan Belanda pun sudah sangat dikenal hingga hampir keseluruh dunia karena hasil rempah-rempahnya yang sangat kaya. Hal tersebut yang membuat bangsa Eropa khususnya Belanda kala itu datang ke Maluku untuk berdagang. Niat awal berdagang lama-lama berubah menjadi menjajah, salah satu peninggalan hasil jajahan Belanda di Kota Ambon yang masih dapat dikunjungi yaitu Benteng Amsterdam. Benteng ini awalnya dibangun oleh seorang dari bangsa Portugis yang bernama Fransisco Serrao pada tahun 1512, namun ketika Belanda merebut kekuasaan Maluku dari tangan Portugis, benteng ini pun berubah kepemilikkan dan jatuh ke tangan Belanda. Benteng Amsterdam terletak di Desa Kaitetu, Leihitu, Maluku Tengah. Menempuh perjalanan sekitar 42 KM dari Kota Ambon. Namun, perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan akan terbayarkan dengan kemegahan benteng yang masih berdiri dengan kokoh, baik bagian luar maupun dalamnya pun masih sangat terawatt. Pemandanga nyang sungguh sangat indahpun ditawarkan dari balkon-balkon yang berada di Benteng Amsterdam, yaitu pemandangan Laut Banda yang sangat biru sejauh mata memandang.

  1. Menyeberang Ke Pulau Pombo

Pulau kecil yang terdekat dengan Kota Ambon dan sudah cukup populer bagi para wisatawan yang berkunjung ke Ambon adalah Pulau Pombo. Pulau tak berpenghuni ini terletak di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah atau secara geografis berada di antara Pulau Ambon dan Pulau Haruku. Hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit dari Kota Ambon apabila anda ingin menyeberang ke Pulau Pombo, dengan menyewa speedboat dari Pelabuhan Tulehu dengan kisaran harga Rp 500.000,- ; Kegiatan yang paling favorit dilakukan para wisatawan ketika berkunjung ke Pulau Pombo adalah diving ataupun snorkeling, apabila anda tidak bisa keduanya, Pulau Pombo menawarkan keindahan laut yang akan memanjakan mata anda dengan burung-burung Pombo yang menjadi penghuni Pulau Pombo.

  1. Mencoba Makanan Khas Maluku, Papeda

Hampir semua orang yang baru pertama kali berkunjung ke daerah baru berburu kuliner yang khas dari daerah tersebut,salah satu makanan yang khas dari Amon adalah Papeda. Papeda adalah makanan yang memiliki bahan dasar sagu. Sagu ini kemudian diolah sedemikian rupa sehingga mejdi berbentuk bubur. Di Ambon kebanyakan orang memakan sagu ini dengan ikan kuah kuning. Paling enak menyantap makanan ini ketika masih panas-panasnya. Anda penasaran denga makanan khas Kota Ambon ini?

shares