Wednesday, October 16, 2019
Home > Kesehatan > Gejala Lain Mata Anak 1 Tahun Belekan Tapi Tidak Merah

Gejala Lain Mata Anak 1 Tahun Belekan Tapi Tidak Merah

Gejala Lain Mata Anak 1 Tahun Belekan Tapi Tidak Merah

Sakit mata belekan umumnya disebabkan debu atau kotoran yang berlebihan dan masuk ke mata. Kondisi ini menyebabkan mata merah, terasa pedih, dan berair. Akan tetapi, tidak semua belekan ditandai mata merah. Sakit mata anak 1 tahun belekan tapi tidak merah bisa disebabkan faktor lain, sehingga gejalanya selain mata merah. Inilah beberapa gejala lain yang dialami.

  1. Mengeluarkan Air Mata Berlebihan

Produksi air mata yang berlebihan tentu menjadi tanda tanya apakah yang menjadi faktor penyebabnya. Anda harus memastikan kondisi mata anak agar bisa mengamati perubahan yang dialami. Perlu diketahui bahwa mata yang berair bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk infeksi oleh debu atau kotoran. Aktivitas bakteri atau virus juga bisa menjadi penyebabnya.

Oleh karena itu, Anda harus waspada terhadap kondisi mata anak yang mengeluarkan air mata berlebihan. Jika kondisinya demikian, maka bisa jadi anak sedang mengalami belekan yang disebabkan alergi atau infeksi. Kondisi tersebut menyebabkan sakit belekan, namun matanya memang tidak merah. Air mata yang berlebihan ini merupakan gejala lain dari belekan.

  1. Mata Terasa Pedih

Pada umumnya, sakit mata belekan memang ditandai dengan mata yang terasa pedih. Pedih pada mata tersebut menyebabkan rasa yang tidak nyaman ketika melakukan kegiatan apapun. Anak juga menjadi tidak bergairah melakukan apapun, bahkan jadi sulit tidur. Gejala mata terasa pedih ini merupakan gejala lain dari belekan, namun mata tidak merah.

Gejala lain tersebut memang harus diketahui dan dipahami lebih lanjut agar Anda tidak terlambat mendeteksi persoalan gangguan mata pada anak. Jika gejala tersebut timbul, segeralah memeriksakan ke dokter. Sebelum itu, Anda bisa menanganinya dengan mengompres mata secara perlahan dengan air hangat untuk mengurangi rasa pedih disertai gatal.

  1. Mata Bengkak

Tidak semua sakit belekan itu ditandai dengan mata yang memerah. Mata anak 1 tahun belekan tapi tidak merah juga harus dipahami kondisinya. Anda dapat mengenalinya lewat gejala yang ada, seperti pembengkakan yang terjadi pada mata. Di beberapa kasus, belekan bisa mengakibatkan mata bengkak.

Hal tersebut terjadi karena kadar infeksi yang lebih parah ataupun penyebabnya yang lebih serius. Untuk itu, segeralah periksakan anak ke dokter sebelum semakin parah kondisinya. Pemeriksaan ke dokter adalah langkah paling tepat untuk menyembuhkan sakit mata belekan pada anak tersebut.

  1. Mengeluarkan Kotoran Mata yang Berlebih

Kotoran pada mata yang berlebihan juga menjadi gejala sakit belekan yang dialami siapapun. Melalui gejala ini, Anda bisa mengidentifikasi bahwa sakit mata yang dialami adalah belekan, meskipun mata tidak menjadi merah.

Gejala ini harus dikenali dan segeralah untuk mengatasinya dengan menghilangkan kotoran dengan air hangat dan usaplah dengan kain lembut secara perlahan. Cara tersebut merupakan penanganan pertama yang bisa dilakukan. Setelah itu, Anda dapat memeriksakan anak ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

  1. Terdapat Lendir Berwarna Putih atau Kekuningan

Gejala lain yang timbul pada beberapa kasus mata belekan adalah keluarnya lendir pada mata yang berwarna putih ataupun kekuningan. Kedua hal tersebut adalah gejala yang serius dan termasuk gejala dari belekan yang penyebabnya lebih serius.

Umumnya, penyebab sakit belekan yang disertai lendir tersebut disebabkan oleh konjungtivitas oleh bakteri atau virus. Jadi, segeralah periksakan ke dokter jika anak mengalami gejala tersebut. Pantaulah perkembangannya agar proses penyembuhan dapat optimal.

Beberapa hal tersebut termasuk gejala belekan yang harus diwaspadai. Mengingat adanya gejala lain tersebut, Anda harus mengetahuinya agar bisa mengenali bahwa tidak hanya mata merah saja tanda sakit belekan. Karenanya, jangan heran jika mata anak 1 tahun belekan tapi tidak merah. Segera kenali gejala tersebut dan periksakan ke dokter untuk memastikan kondisinya.

shares