Wednesday, October 16, 2019
Home > Kesehatan > Tips Aman Merawat Orang yang Mengidap Penyakit Hepatitis

Tips Aman Merawat Orang yang Mengidap Penyakit Hepatitis

Tips Aman Merawat Orang yang Mengidap Penyakit Hepatitis

Bagi Anda yang harus merawat penderita hepatitis, sangat penting bagi Anda untuk memahami jenis virus hepatitis dan tips keamanannya. Meski Anda harus memberikan perawatan yang terbaik, namun tetap penting melindungi diri Anda dari risiko penularan. Lantas bagaimana sih tips aman merawat penderita penyakit hepatitis?

Hindari Berbagai Macam Barang Pribadi

Kontak sederhana seperti berpelukan atau jabat tangan memang tidak akan membuat Anda tertular penyakit hepatitis. Namun darah dan cairan penderita hepatitis yang akan membuat Anda tertular. Terlebih lagi untuk jenis hepatitis A dan E yang bisa menular melalui air liur. Sedangkan hepatitis B, C, dan D hanya bisa menular melalui darah, cairan vagina, atau air mani saja.

Ketika ada luka terbuka pada kulit, maka Anda akan lebih rentan terinfeksi. Agar terhindar dari risiko tersebut, penting bagi Anda untuk tidak berbagai barang-barang pribadi dengan penderita hepatitis. Hal ini cukup penting dilakukan guna menghindari kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh pasien yang terinfeksi hepatitis.

Pastikan Anda sudah Melakukan Vaksinasi

Vaksinasi memang dapat membantu pencegahan virus hepatitis A dan B. Ada bukti kuat jika penggunaan vaksin secara rutin dapat membantu mengurangi jumlah kasus hepatitis A dan B yang belakangan ini banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Jadi bagi Anda yang hendak merawat pasien hepatitis, pastikan Anda sudah melakukan vaksin hepatitis terlebih dahulu.

Gunakan Pelindung Ketika Bersih-Bersih Rumah

Ketika Anda membersihkan rumah atau sesuatu yang bisa terkontaminasi cairan tubuh penderita hepatitis seperti pakaian, popok, sprei, pastikan Anda selalu menggunakan sarung tangan, baju pelindung, dan masker. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari cedera akibat benda-benda tajam yang bisa membuat Anda tertular virus hepatitis.

Bersihkan Menggunakan Produk Pemutih

Tahukah Anda jika virus hepatitis B dapat bertahan hingga 10 hari pada permukaan kering, sedang virus hepatitis C dapat bertahan hingga 4 hari pada kondisi tersebut. Untuk itu, sangat disarankan untuk mencampurkan pemutih ke dalam air agar barang-barang tersebut dapat lebih bersih. Sebab air dan pemutih dapat membunuh kedua virus tersebut dan mencegah penularan virus hepatitis.

Perhatikan Konsumsi Makan dan Minuman Keluarga

Mencuci tangan sesudah dan sebelum dari kamar mandi ternyata tidaklah cukup. Terlebih lagi jika makanan itu disiapkan oleh penderita hepatitis yang kurang berhati-hati selama membersihkan bahan makanan. Hal ini bisa membuat Anda dan keluarga berisiko tertular hepatitis. Sebab buah segar, roti lapis, salad, dan makanan mentah lainnya bisa menjadi sumber penyebaran hepatitis.

Meski Anda harus memberikan perawatan terbaik bagi penderita penyakit hepatitis, namun penting juga bagi Anda untuk memperhatikan keamanan dan keselamatan sendiri. Jangan sampai ceroboh, pastikan untuk memperhatikan beberapa tips di atas agar Anda tak tertular selama merawat penderita hepatitis.

shares